cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
ISSN : 18584543     EISSN : 26156091     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational development.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 3 (2020): Oktober 2020" : 20 Documents clear
Analisis Indikator Kegagalan Siswa dalam Menempuh Pendidikan di Sekolah Ali Taufik
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 4 No. 3 (2020): Oktober 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v4i3.23989

Abstract

The main purpose of this study is to comprehensively investigate / investigate, what and why the causes of student learning failures, because many aspects and causes so that failure is not only from the initial study, but also towards the end of the study. (study period ends). The method used in this study is a form of qualitative approach with a phenomenological model, which involves 10 ex(Drop out) students as participants / informants,  two teacher and two parents (14 participants), from various backgrounds and origins of schools. After conducting research with approximately 3 months (12 weeks), the authors get five things that need to be addressed. and improved in various aspects to minimize the failure rate of students in research, are: Motivation, Condition, Intelligence, Economics and opportunitiesTujuan utama penelitian ini adalah untuk menyelidiki / menelaah secara komprehensif, apa dan mengapa penyebab kegagalan belajar siswa, karena banyak aspek dan penyebabnya sehingga kegagalan tidak hanya dari studi awal, tetapi juga menjelang akhir penelitian. (masa studi berakhir). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk pendekatan kualitatif dengan model fenomenologis, yang melibatkan 10 mantan (Drop out) siswa sebagai peserta / informan,dua orang Guru dan dua orangtua siswa(jumlah 14 orang) dari berbagai latar belakang dan asal sekolah. Setelah melakukan penelitian dengan sekitar 3 bulan (12 minggu), penulis mendapatkan lima hal yang perlu dibenahi. dan ditingkatkan dalam berbagai aspek untuk meminimalkan tingkat kegagalan siswa dalam penelitian, adalah: Motivasi, Kondisi, Kecerdasan, Ekonomi dan peluang
Efektifitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Keterampilan Berbicara dan Hasil Belajar Fernanda Shella Elvira; Fenny Roshayanti; Sunan Baedhowi
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 4 No. 3 (2020): Oktober 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v4i3.25502

Abstract

Rendahnya keterampilan berbicara siswa yang disebabkan karena guru cenderung menggunakan metode konvensional serta kurangnya media pembelajaran yang membantu siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektifitas model problem-based learning berbantuan media animasi terhadap keterampilan berbicara dan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dalam bentuk Quasy Experimental Design (eksperimen semu). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA yang berjumlah 20 siswa dan VC yang berjumlah 20 siswa, yang dipilih secara random. Hasil penelitian menunjukkan thitung > ttabel (10.9 < 3.442) artinya terdapat perbedaan signifikan rata-rata keterampilan berbicara siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sesudah perlakuan, serta thitung>ttabel (10.5 < 2.776) artinya terdapat perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sesudah perlakuan. Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berbicara dan hasil belajar siswa pada penggunaan model PBL berbantuan media animasi yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.
Model Pembelajaran Flipped Classroom pada Mata Kuliah Algoritma dan Struktur Data Ranny Meilisa; Doni Pernanda
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 4 No. 3 (2020): Oktober 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v4i3.26928

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan inovasi dalam pembelajaran yang mengakibatkan siswa kurang aktif dalam melaksanakan pembelajaran sehingga proses pembelajaran bersifat monoton sehingga membuat hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran Flipped Classroom yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development/ R&D). Desain penelitian ini menggunakan 4-D yang langkah-langkahnya terdiri dari mendefinisikan, merancang, mengembangkan dan menyebarluaskan. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung dari sekolah, guru, pakar dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan adalah media yang valid dengan rata-rata validitas media 0,85% dan validitas materi sebesar 0,89%, dan praktis dengan nilai kepraktisan dari respons pendidik sebesar 93,00% dan tanggapan peserta didik 92,53%. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan bersifat valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik yang juga berimplikasi pada peningkatan hasil belajar peserta didik.
The Students’ Perceptions on English Teachers’ Teaching Style and How It Affects on Learning Motivation Ni Komang Putri Nida Dewi; Ni Luh Putu Eka Sulistia Dewi; G.A.P. Suprianti Suprianti
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 4 No. 3 (2020): Oktober 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v4i3.27381

Abstract

This study used students’ perception to know their perception on the English teachers’ teaching style and how their perceptions affect their learning motivation in English. This study used survey method with questionnaire as the instrument that distributed to 342 students. The data was verified using interview method. The results were the students had good enough perceptions on the English teachers’ teaching style. Moreover, this result showed the students interested to learn English when the English teachers call the students by their nickname, use vocabulary that students easy to understand, give clear explanation and mastering the material, give clear instruction, demonstrate how to pronounce words, give a task to the students, ask the students to find out learning resource independently, explain material not only speech, ask the students to do discussion. Through this study, perhaps, the stakeholder makes policies to give a room such as workshops for the English teachers to know this case and encourage them in such a way, and then the English teachers can do the teaching style that makes the students interested in learning English to increase the students learning motivation.
E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa Made Sri Astika Dewi; Nyoman Ayu Putri Lestari
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 4 No. 3 (2020): Oktober 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v4i3.28035

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan E-modul interaktif terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X, yang tercatat terbagi dalam 5 kelas yang berjumlah 133 siswa. Dalam penelitian ini sampel di tetapkan dari populasi dengan menggunakan Teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dan dilengkapi dengan rubrik penilaian. Kemudian dilaksanakan perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan Independent Sample T-Test dan gain score. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data tersebut homogen dengan hasil uji 0,503 dan signifikansi 0,481 yang jauh lebih besar dari signifikansi alpha 5%. Dengan demikian hasil uji dengan asumsi homogenitas terpenuhi adalah -2,407 dengan signifikansi 0,019. Jika ditetapkan taraf signifikansi alpha 5% maka signifikansi hasil pengujian lebih kecil dari signifikansi alpha  (0,019<0,05). Jadi, e-modul interaktif berbasis proyek berdampak positif terhadap hasil belajar siswa.
Teacher’s Strategies in Promoting The 21st Century Learning Skills on Online Class in Tourism Vocational High School Made Aditya Pras Rezandy; Luh Putu Artini; Ni Luh Putu Eka Sulistya Dewi
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 4 No. 3 (2020): Oktober 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v4i3.28037

Abstract

This study aimed to analyze the strategies of promoting 21st century learning skills used by English teachers on online class in tourism vocational high school. The strategies in promoting 21st century learning skills used by the English teachers were described using qualitative descriptive research design. The instruments used by teacher to collect the data were observation sheet to use for observing the strategies appeared during the online class activities; and interview guide to know the perspective of the English teacher about the supporting and the challenging factors in using the strategies. The findings showed that from 9 strategies, 7 of them are used by the teachers. The most used strategy is the first strategy: using relevant material and topic. On the other hand, the seventh strategy: Enhancing teamwork as the outcome is not used by all the subjects of this research. The reason which is told by most of the teachers is because of the difficulty they faced in conducting teamwork project during online class effectively due to the recent issue. From 9 strategies, using relevant material and exploiting technology into class activities are the most used by the teachers among others. And from Nine strategies provided, 8 strategies used by the English teachers. The only strategy which is not used is the seventh strategy: Teamwork as the outcome. The teachers stated that creating group work based activities through online is not easy.
The Comparation of Students’ Reading and Critical Reading Competency in Junior High School I Putu Marten Chrispayana
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 4 No. 3 (2020): Oktober 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v4i3.28065

Abstract

The students’ critical reading could be beneficial towards their reading competency. The present research was aspired to describe and compare the students’ reading competencies and students; critical reading. The students’ critical reading was laid on high-order-reading items across classes, text genres, and reading indicators. The design implemented was a descriptive and comparative research. The sample size of this research consisted of 121 student’s altogether. The instrument used to collect data was that of a Reading Competency Test. The analysis techniques implemented in the research were Measures of Central Tendency and Simultaneous Comparison. The result of the analysis shows the students’ reading competency mean score = 35.02 out of the total reading competency score = 100. The range on the reading competency is equal to 60.00. Therefore, the students’ reading competency variability is very large (variance = 0.67). The analysis shows the simultaneous F test is 0.084. The significant score of 0.97 is higher than 0.05 which interpreted as if there is no significant difference between every class scores in term of answering reading test with higher order reading items. The score of reading competency implies that EFL teachers need to train their students intensively and extensively in reading processes to enhance their ability in determining the main ideas, specific ideas, textual references, and word and phrase meanings of both the descriptive and recount texts
Menakar Kemampuan Empowering Leadership, Job Crafting, dan Work Engagement dalam Memengaruhi Komitmen Organisasi Angela Angela; Niko Sudibjo
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 4 No. 3 (2020): Oktober 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v4i3.28143

Abstract

Karyawan, dalam lembaga pendidikan merupakan sumber daya yang penting bagi sekolah. Dalam pencapaian tujuannya, sekolah memerlukan bukan hanya karyawan yang berkualitas secara keterampilan namun juga diperlukan karyawan yang memiliki komitmen terhadap organisasi. Dengan adanya komitmen organisasi dalam karyawan di sekolah, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas sekolah. Komitmen organisasi tentu saja berkaitan dengan banyak faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh empowering leadership, job crafting, dan work engagement terhadap komitmen organisasi karyawan dalam situasi tersebut. Adapun subjek penelitian terdiri dari 54 karyawan yang bekerja di sebuah Sekolah Swasta, dimana teridentifikasi komitmen organisasi di dalamnya. Metode penelitian yang digunakan adalah PLS-SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa empowering leadership, job crafting dan work engagement berpengaruh positif terhadap komitmen organisasi.
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Pada Muatan IPA Resti Fitria Ariani
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 4 No. 3 (2020): Oktober 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v4i3.28165

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa Sekolah Dasar. Dimana model pembelajaran Problem Based Learning ini adalah model yang berbasis dengan permasalahan yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Pada penelitian ini menggunakan Meta Analisis dengan langkah pertama yang dilakukan yaitu dengan merumuskan masalah, kemudian mengumpulkan data, menyajikan data, kemudian kesimpulan. Dari beberapa jurnal yang sudah dianalisis dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa sekolah dasar.
Suggestopedia Method Application Based on Sasando Instrumental Music in Optimizing Reading Comprehension Skills Agustina Pali; Agnes Remi Rando
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 4 No. 3 (2020): Oktober 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v4i3.28216

Abstract

The success of the English learning process is largely determined by the students' reading comprehension ability. However, not all teachers can apply appropriate learning methods so that innovations are needed in learning. This study aims to describe the extent to which the improvement of students' reading comprehension competencies through the application of the suggestopedia method is based on Sasando instrumental music. This type of research is classroom action research in the form of collaboration between researchers and English teachers. The sample in this study were students of class VA with a total of 27 students. Data were collected through pre-test, post-test, and observation. The results showed that there was an increase in the value of 72.22% from the pre-test cycle 1 and then an increase to 83.81% from cycle 1 to cycle 2. So, it can be concluded that the suggestopedia method based on Sasando instrumental music can be a method that is effective for teaching reading comprehension to fifth grade.

Page 1 of 2 | Total Record : 20